Cara mudah berternak kura kura air (BRAZIL/AMBON)

Image
  Memelihara kura-kura brazil relatif mudah. Selain  itu, warna tempurungnya sangat cantik juga bentuknya sangat unik apalagi saat usianya masih kecil. melihat peluang dan potensinya maka tentu budidaya kura-kura Brazil bisa menjadinsalah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan. Selain itu usaha ini juga sangat menguntungkan serta jangan kaget jika omset yang anda peroleh nantinya bisa mencapai kisaran puluhan hingga ratusan juta. Pastinya hal ini tergantung pada usaha dan kerja keras anda.  Langsung saja  Pertama, 1. Memilih Indukan yang sudah cukup umur.  Indukan yang dipilih haruslah merupakan indukan yang berkualitas. Sebab dengan indukan yang berkualitas maka tentu akan menghasilkan anakan yang berkualitas pula bisa dilihat mulai dari corak dan bentuk kerapasnya.  Tentu saja ini akan menambah nilai jual tersendiri dalam budidaya yang anda lakukan                Kura-kura brazil sebagai indukan haruslah berumur lebih dari dua tahun Biasanya ukuran kura-kura yan

CARA MERAWAT SERTA MEMBUDIDAYAKAN IGUANA DIJAMIN SUKSES


 
Iguana merupakan sejenis kadal yang hidup di daerah tropis. Habitat asli iguana berada di Amerika Tengah, Amerikan Selatan dan Karibia.  Saat ini iguana memiliki prospek yang cukup menjanikan jika diternak.

 Karena jika kita melihat di Indonesia masih banyak komunitas komunitas pecinta hewan yang satu ini. Ciri fisik yang umum  dari iguana ini adalah pada bagian bawah rahangnya terdapat lipatan kulit, memiliki sisik besar bundar yang cukup besar pada pipinya yang disebut dengan selubung subtimpani. Keunik dari iguana adalah hewan yang satu itumemiliki penglihatan yang bagus sehingga dapat melihat bayangan , melihat warnaserta untuk membidik mangsanya dari kejauhan. Selain itu mata pada iguana juga digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama spesies. Iguana memiliki sebuah telinga yang disebut timpanium jika diperhatikan letak dari tipanum atau merupakan gendang telinga ini berada bagian kanan atas selubung subtimpani dan ada juga yang terletak pada bagian belakang mata. Lantas bagaimana membudidayakan binatang iguana, tentunya ada beberapa langkah yang harus kita persiapkan, termasuk dengan kesiapan kandang dan perlengkapannya. Misal seperti tersedianya kandang yang baik bagi iguana, dan kandang yang mudah dibersihkan, berlantai empuk, hingga kandang yang luas dan bisa memastikan iguana tidak kesempitan, artinya iguana butuh gerak yang leluasa selama di dalam kandang.  Iguana menyukai lingkungan yang hangat, berkisar 30—39° C. Untuk itu, kandang perlu dilengkapi dengan jendela yang dapat meneruskan sinar matahari. Sinar matahari diperlukan sebagai sumber sinar ultraviolet (UV) untuk membangun vitamin D. Bila sinar matahari tidak mungkin diperoleh, kandang dapat dilengkapi dengan lampu UV buatan. Lampu itu pun harus dilindungi dengan bahan penghantar panas agar tidak langsung mengenai tubuh iguana. Kebutuhan lampung untuk dinyalakan selama 12—14 jam sehari.


Pasang juga pengatur kesesuaian suhu. Jika dirasa terlalu mahal bisa gunakan termometer. Sehingga kita bisa mengetahui suhu kandang apakah panas atau terlalu panas dan apakah sudah sesuai dengan kebutuhan dari iguana.

Tak lupa juga, kesediaan air harus banyak. Kontinyu. Dan jangan sampai kosong. Sebab, air sangat dibutuhkan iguana, baik untuk minum maupun mandi. Namun, air untuk minum berlainan dengan air untuk mandi atau berenang. Untuk mandi dan berenang, dalam kolam perlu diletakkan kolam yang diisi air hanya sekitar dua pertiga ukuran kolam. Air kolam dapat diganti kalau sudah terlihat keruh, berwarna kehijauan, berbau, atau tercemar kotoran dan sisa makanan.

Untuk minum sebaiknya air dialirkan di pipa karet atau plastik yang ujungnya dilengkapi keran tekan. Air dapat keluar kalau iguana menekan keran tekan dengan moncongnya. Cara minum seperti ini dapat diajarkan pada iguana. Selain dengan alat ini, botol yang digantung terbalik pun dapat digunakan.


Begitu pun dengan pola makan iguana. Harus diketahui, minimal dalam porsi makan iguana yang diperlukan adalah ikan, telur rebus, daging, brokoli, bayam, alfalfa, bit, jamur, wortel 20 g setiap kg berat badan. Iguana juga perlu makanan yang mengandung zat gizi yang lengkap, yaitu protein (hewani dan nabati), karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan air.

Porsi terbesar makanan iguana dewasa berbentuk hijauan. Pemberian hijauan sebaiknya dalam bentuk potongan kecil. Dalam pemberiannya, potongan sayuran dicampur merata dengan irisan-irisan telur rebus, daging, atau ikan sehingga iguana tidak dapat memilih makanannya. Agar efisiensi, makanan ini dapat dibuat untuk keperluan seminggu, tetapi harus disimpan dalam panci tertutup dan diletakkan dalam lemari es agar tidak rusak. Tak hanya itu, sumber protein hewani juga dibutuhkan iguana, seperti jangkrik, cacing, atau bahkan anakan tikus.
Makanan diberikan 2—3 kali sehari untuk iguana muda dan 2—3 kali seminggu untuk iguana dewasa. Porsi makannya harus cukup agar tidak ada makan yang terbuang. Porsi makanan ini akan bertambah setiap waktu. Oleh karena itu, sebaiknya jumlah makanan yang diberikan harus didasarkan pada berat badannya. Sisa makan-an merupakan faktor utama yang membuat kandang menjadi kotor, lembap, dan berbau.
Tahap Budidaya Iguana :
Pada tahapan ini kita perlu amati keadaan iguana setiap hari agar tetap sehat. Dari pemberian mikroflora dan persolan kesehatan. Sebagai makhluk hidup, iguana tidak terlepas dari gangguan kesehatan. Berikut diberikan beberapa problem kesehatan yang sering terjadi pada iguana peliharaan. Seperti, kelainan tulang, kelumpuhan kaki dan ekor, Luka lecet pada hidung, Melepuh, Penyakit parasiter, Telur sulit keluar, Patah ekor dan jari.



Selanjutnya, dengan membiakkan iguana : Membiakkan Iguana, baik Iguana jantan maupun Iguana betina. Di habitat aslinya, musim kawin terjadi di bulan Januari – Februari setiap tahunnya. Sementara masa bertelurnya berlangsung selama dua bulan. Telur yang keluar biasanya diletakkan iguana betina pada sarang yang dibuatnya di pasir atau tanah yang lembap di dekat pokok-pokok pepohonan. Dalam satu musim bertelur, seekor induk iguana dapat menghasilkan 25-45 butir telur.

Comments

Popular posts from this blog

INI BEDANYA ULAR WELANG DAN WELING,YANG SEKILAS SAMA

KALONG,KELELAWAR BESAR YANG TERANCAM PUNAH

CARA MEMILIH PAKAN BIAWAK/SALVA AGAR CEPAT JINAK