Cara mudah berternak kura kura air (BRAZIL/AMBON)

Image
  Memelihara kura-kura brazil relatif mudah. Selain  itu, warna tempurungnya sangat cantik juga bentuknya sangat unik apalagi saat usianya masih kecil. melihat peluang dan potensinya maka tentu budidaya kura-kura Brazil bisa menjadinsalah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan. Selain itu usaha ini juga sangat menguntungkan serta jangan kaget jika omset yang anda peroleh nantinya bisa mencapai kisaran puluhan hingga ratusan juta. Pastinya hal ini tergantung pada usaha dan kerja keras anda.  Langsung saja  Pertama, 1. Memilih Indukan yang sudah cukup umur.  Indukan yang dipilih haruslah merupakan indukan yang berkualitas. Sebab dengan indukan yang berkualitas maka tentu akan menghasilkan anakan yang berkualitas pula bisa dilihat mulai dari corak dan bentuk kerapasnya.  Tentu saja ini akan menambah nilai jual tersendiri dalam budidaya yang anda lakukan                Kura-kura brazil sebagai indukan haruslah berumur lebih dari dua tahun Biasanya ukuran kura-kura yan

CARA MEMILIH PAKAN BIAWAK/SALVA AGAR CEPAT JINAK


Biawak adalah hewan sebangsa reptil yang termasuk ke dalam golongan kadal, biawak dalam bahasa lain lebih dikenal dengan sebutan Monitor Lizard atau Goanna.



Biawak yang paling sering ditemukan di Indonesia adalah biawak air yang berjenis Varanus Salvator, panjang tubuh nya dari moncong sampai ekor umumnya hanya sekitar 1 meter lebih, biawak jenis ini 
sangat banyak dipelihara oleh manusia terutama bagi pecinta reptil, ada yang dipelihara karena untuk hobi ataupun diternakan karena biawak jenis salvator cepat beradaptasi pada lingkungan manusia.Biawak juga sering disingkat Salva oleh para pecinta reptile merupakan kadal yang memiliki ukuran  untuk salva dewasa antara 1 sampai 2 meter dan merupakan jenis kadal terbesar kedua setelah komodo. Kadal ini tersebar di wilayah Asia tenggara khususnya Filipina dan Indonesia.Jika anda ingin memelihara hewan yang satu ini anda harus memerhatikan makanannya agar dapat memelihara dengan baik. Mungkin banyak yang belum tau apa saja makanan salwa yang satu ini yang tentunya aman dikonsumsi dan merupakan makanan yang dapat membuat peliharaan anda yang satu itu tambah lincah dan tumbuh dengan baik.

Berikut pakan yang dianjurkan untuk biawak/salva


1.     Jangkrik

Sudah menjadi hal yang umum jika jangkrik digunakan sebagai makanan satwa ada yang menggunakannya untuk memberi makan burung dan masih banyak lagi salah satunya adalah untuk memberi makan pada salva. Jangkrik memiliki protein yang tinggi dan berguna untuk pertumbuhan salva. Selain itu kandungan glutation(GSH) dalam jangkrik juga dapat digunakan sebagai anti oksidan alami untuk salva. Untuk porsi dari jangkrik yang diberikan sendiri tergantung dari ukuran dan umur salva. Untuk salva yang panjangnya kurang dari 30 cm atau disebut baby salva kita dapat membeerikan makan 3 ekor jangkrik setiap harinya dan untuk salva yang sudah melebihi 30 cm kita dapat memberikan makan 10 – 15 ekor jangkrik setiap harinya.

2.             Cicak

Cicak dengan nama latin Cosymbolutos platyurus dikenal sebagai hewan penganggu karena kehadirannya dirumah kita yang biasanya menimbulkan bau tidak sedap dari kotoran yang cicak keluarkan hewan ini. Namun ternyata hewan yang satu ini dapat digunakan sebagai makanan salva. Biasanya porsinya kembali ke ukuran salva untuk yang kurang dari 30 cm cukup dengan memberikan cicak ukuran kecil setiap dua hari sekali. Namun untuk salva yang panjangnya lebih dari 30 cm kita harus memberikan makan 1 ekor cicak ukuran besar untuk 1 hari atau cicak ukuran besar untuk dua hari sekali.

3.             Mencit

Sebuah nama yang tak asing lagi bagi pecinta salva namun akan terdengar asing bagi anda yang baru pertama kali memelihara salva. Mencit atau dengan nama latin (Mus musculus) adalah tikus kecil yang biasanya kita temui dirumah kita sebagai pengganggu atau hama namun hewan yang satu ini cukup efektif untuk dijadikan makanan Salva. Untuk porsi sendiri salva ukuran lebih dari 30 cm memerlukan sekitar satu ekor mencit untuk dua hari.
Banyak tempat yang dapat kita temui untuk mencari pakan salva sendiri, mulai dari mencari sendiri dirumah atau dengan mencari  toko toko makanan hewan khususnya reptile. Data yang saja sajikan diatas merupakan porsi makanan untuk salva yang tergolong masih muda atau masa pertumbuhan. Untuk salva yang dewasa akan memiliki porsi yang lebih banyak lagi dalam pemberian makanan hewan hewan diatas. Faktor yang paling penting sebelum memberikan makan kepada salva adalah memastikan bahwa salva mendapat makanan dalam kondisi segar maksudnya hewan hewan yang akan dikonsumsi harus dipastikan masih hidup atau bukan merupakan bangkai yang telah mati beberapa hari.

Comments

Popular posts from this blog

INI BEDANYA ULAR WELANG DAN WELING,YANG SEKILAS SAMA

KALONG,KELELAWAR BESAR YANG TERANCAM PUNAH